Hati-Hati Makan Di Restoran ASing

Diposting oleh All About My Mind di 09.50

Senin, 22 September 2008

Teman2 saya ingin berbagi pengalaman. Sabtu sore tgl 13 Sept 2008 kemaren saya dan teman2 bermaksud makan buka puasa bersama di plasa semanggi, pada saat itu suasana rame sehingga hampir semua resto penuh.
Kemudian kami bermaksud makan di resto "AJISEN RAMEN" namun sebelum masuk saya bertanya kepada salah satu pelayan resto tsb yg bertugas di pintu masuk mengenai kehalalan masakan yang disediakan, namun betapa terkejutnya kami mendengar jawaban sang pelayan tsb yang mengatakan bahwa dia tidak bisa memutuskan apakah masakan yang disediakan resto tsb halal atau haram yang jelas masakan tersebut
mengandung "BABI".

Yang kami sesalkan karena pada saat bersamaan di dalam resto tsb ada kaum muslim yang tengah berbuka puasa (ada 2 orang wanita berjilbab) dan saya yakin hampir sebagian besar pengunjungnya adalah kaum muslim
(mengingat saat2 tersebut adalah saat berbuka puasa). Dimana letak itikad baik dr pemilik resto dan pelayan (yang saya yakin minimal 1 diantaranya adalah muslim), betapa tega mereka menyaksikan kaum muslim dgn lahapnya menyantap makanan yg mengandung babi. Inilah praktek bisnis yang harus kita luruskan. Seharusnya walaupun mereka tidak mempunyai sertifikat halal, minimal yg bisa dilakukan adalah mencantumkan informasi mengenai makanan yang mengandung babi atau memberitahukan pengunjung muslim (berjilbab dsb).

Saya cuman ingin mengingatkan teman2 muslim semua utk berhati2 bila ingin makan di resto yang tdk jelas status kehalalannya (resto masakan jepang, cina, singapur dsb), sebaiknya tanyakan dulu kepada pemilik atau pelayan sebelum masuk. Dan untuk temen2 yang punya wewenang mengatur ttg hal ini (MUI dsb) utk bisa memberikan solusi agar hal ini tdk terjadi lagi. Bagaimanapun kita sebagai muslim wajib dihormati bahwa kita hanya memakan makanan yang halal, dan bagi mereka yang tidak mempunyai itikad baik ttg hal ini (pemilik dan pelayan resto yang tdk memberitahukan ttg makanan yg tdk halal) harus diberi pemahaman yang seharusnya.

Semoga informasi ini bisa berguna bagi teman2 sekalian, kurang lebihnya mohon maaf dan terima kasih.

0 komentar: